About Pondok Modern Nurul Hidayah

 Pondok Modern Nurul Hidayah

معهد نور الهداية للتربية الإسلامية الحديثة



Pondok Modern Nurul Hidayah yang terletak di desa Pasiran, Kec. Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau merupakan lembaga pendidikan Islam yang mendidik kader-kader generasi umat dalam sebuah miniatur dunia yang dibangun atas dasar nilai Iman, Islam dan Ihsan secara kaffah (menyeluruh). Pondok didirikan pada tanggal 1 Januari 1989 / 23 Jumada Awal 1409 H, oleh masyarakat Bantan Tua atas inisiatif tokoh masyarakat, dengan menempati areal tanah wakaf umat Islam seluas 5 hektar lebih, kemudian dikembangkan di bawah yayasan Attarbiyah Al-Islamiyyah Nurul Hidayah, dengan Akta Notaris No. 08-07-02-1992. Pada saat ini jumlah santri yang ada di Pondok Modern Nurul Hidayah terdapat lebih dari 472 santri yang datang dari beberapa daerah sekitar wilayah kab. Bengkalis, Kab. Siak, Kab. Meranti dan Prov. Kepulauan Riau.

Pada usianya yang relatif muda, Pondok yang berlokasi kurang lebih 12 kilometer dari kota Bengkalis ini, tidak henti-hentinya senantiasa memacu derap langkah dalam peningkatan kualitas dan professionalisme pengelolaan pendidikan dan pengajaran, baik dari segi pengembangan sistem maupun manajemen pendidikan dan pengajarannya. Demi terwujudnya sebuah lembaga pendidikan yang representatif dengan kemajuan zaman tanpa meninggalkan nilai-nilai pendidikan agama.

SISTEM PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Sistem Pendidikan dan Pengajaran di Pondok Modern Nurul Hidayah merupakan perpaduan kurikulum yang mengacu kepada Kurikulum KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dan Departemen Agama, dengan dua macam program, Yakni: PROGRAM REGULAR bagi siswa tamatan SD/MI dengan masa belajar selama 6 tahun, dan PROGRAM INTENSIF bagi siswa tamatan SLTP/MTs dengan masa belajar selama 4 tahun.

Pendidikan klasikal berasrama yang memadukan tri pusat pendidikan dalam sistem pendidikan 24 jam atau yang dikenal dengan istilah Full Day School, dimana seluruh kegiatan santri dibawah pengawasan dan bimbingan dua lembaga: yaitu Pengasuhan Santri dan Kuliyatul Muallimin Al-Islamiyah. Untuk kegiatan kurikuler dan intrakurikuler, diselenggarakan dan diasuh oleh seorang Direktur dan dibantu Staff KMI. Adapun untuk kegiatan yang sifatnya extrakurikuler, di bawah pengawasan dan bimbingan langsung oleh Bapak Pengasuh yang dalam hal ini Pimpinan Pondok dan dibantu oleh staf Pengasuhan santri.

KMI merupakan lembaga pendidikan guru Islam yang mengutamakan pembentukan kepribadian dan sikap mental, serta penanaman ilmu pengetahuan Islam. Untuk itu, kurikulum KMI membekali para santri dengan pelajaran agama dan umum secara seimbang, yang disampaikan dalam dua bahasa internasional yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, disamping bahasa Indonesia. Sehingga diharapkan mampu mengikuti dinamika kehidupan masyarakat nasional dan internasional

Bagi pondok modern Nurul Hidayah, nilai-nilai pendidikan tidak hanya didapat dalam proses belajar mengajar di kelas saja, melainkan juga dalam totalitas kegiatan dan kehidupan santri selama 24 jam penuh. Sistem seperti inilah yang diterapkan pondok modern sebagai sarana menumbuhkan jiwa mandiri santri. Kegiatan berorganisasi diatur langsung oleh santri dengan bimbingan dewan guru. Dengan demikian, setiap kegiatan santri menjadi sarana strategis kondusif untuk menanamkan nilai dan filsafat pondok. Nilai dan filsafat inilah yang menjiwai seluruh kegiatan dan kehidupan santri selama 24 jam penuh. Sistem seperti inilah yang diterapkan pondok modern sebagai sarana menumbuhkan jiwa mandiri santri. Kegiatan berorganisasi diatur langsung oleh santri dengan  bimbingan dewan guru. Dengan demikian, setiap kegiatan santri menjadi sarana strategis kondusif untuk menanamkan nilai dan filsafat pondok. Nilai dan filsafat inilah yang menjiwai seluruh kegiatan dan kehidupan para santri dan guru-guru KMI, yaitu :

1) Jiwa Keikhlasan

2) Jiwa Kesederhanaan

3) Jiwa Berdikari

4) Jiwa Ukhuwah Islamiyah

Jiwa kebebasan (yang mengacu kepada nilai-nilai kehidupan Islami dengan disiplin sebagai alatnya)

Semua kegiatan adalah kurikulum. Oleh karena itu, Pondok tidak hanya memperhatikan pendidikan IQ (intelektual) saja, tetapi juga Mental dan Spiritual yang akan membangun karakter dan dedikasi santri. Sehingga, semua apa yang dilihat, didengar dan  dirasakan adalah pendidikan bagi mereka.

Kegiatan ekstrakurikuler seperti: keterampilan dan kesenian, kepramukaan, beladiri, olahraga, merupakan sarana membentuk pribadi Mukmin Muhsin yang sesuai dengan nilai-nilai yang dikandung dalam moto pendidikan Pondok Modern yaitu:

1).Berbudi Tinggi

2) Berbadan sehat

3) Berpengetahuan Luas

4) Dan Berpikiran bebas

Tidak hanya itu kemandirian ekonomi menjadi salah satu aspek yang ditanamkan sejak dini kepada para santri. Badan badan usaha milik Pondok yang dikelola langsung oleh santri dan guru didirikan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan santri dan masyarakat, melainkan juga sebagai wahana menumbuhkan jiwa berdikari dan wirausaha serta mewujudkan kemandirian ekonomi pondok

Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk membentuk sikap mental (mental attitude) dan wawasan pengalaman para santri, antara lain:

1) Kepramukaan.

2) Keorganisasian santri OPPM.

3) Kesenian dan keterampilan: Tilawah Al-Quran, takhfizul Quran, Muhadhoroh (pidato) tiga Bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia), diskusi ilmiah, kaligrafi, seni bela diri, menjahit, tari, kursus komputer dan Merching Band 

4) Olahraga: bola basket, sepak bola, takraw, bulu tangkis, bola voli, dan tenis meja.

 VISI DAN MISI


        Visi:

“ Pondok Modern Nurul Hidayah adalah sebagai lembaga pendidikan pencetak kader-kader pemimpin ummat, menjadi tempat ibadah Thalab Al-‘Ilmi dan menjadi sumber pengetahuan Islam, bahasa Al-Quran, ilmu pengetahuan umum dan teknologi.”

Indikator Visi


- Unggul dalam prestasi belajar.

- Unggul dalam disiplin hidup.

- Unggul dalam lomba kreatifitas dan kesenian.

- Unggul dalam bidang olah raga.

- Unggul dalam pembangunan bahasa Arab dan bahasa Inggris.

- Unggul dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan.

- Unggul dalam bidang organisasi.

  Misi:

1.  Membentuk generasi yang unggul menuju terbentuknya khairu ummah.

2. Mendidik dan mengembangkan generasi mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas serta berkhidmat kepada masyarakat.

3. Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang menuju terbentuknya ulama yang intelek.

4. Mewujudkan warga negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

5. Mengabdi pada masyarakat.

 ORIENTASI PENDIDIKAN PONDOK

Orientasi pendidikan Pondok adalah kemasyarakatan, mencetak kader-kader pemimpin yang siap mengabdi pada agama, nusa dan bangsa serta mampu menjadi perekat umat.

 FALSAFAH PONDOK

- Pondok Modern Berdiri di atas dan untuk semua golongan

- Pondok perlu dibantu, dibela dan diperjuangkan

- Pondok adalah lapangan perjuangan bukan tempat mencari penghidupan

- Bondo, bahu, piker lek perlu sak nyawane pisan (Harta, Tenaga, Pemikiran, jika perlu Nyawapun diberikan).

- Berjasalah tapi jangan minta jasa

- Jadilah Ulama yang intelek, bukan Intelek yang tahu agama

- Hidup sekali hiduplah yang berarti

 TIM EDUKASI

Latar belakang pendidikan tenaga edukatif adalah alumnus Pondok Modern Darussalam Gontor, Pondok Modern Arisalah, Pondok Modern Nurul Hidayah, Pondok Pesantren Al-Islam, Al-Azhar University Cairo Egypt, UIN, UNRI, STAI, UNMUH, AKOP RIAU, Al-Azhar Computer, ISID Gontor, El-Baqoury Islamic Studies Institute Giza Egypt, dan STIE Syari’ah Bengkalis.

ORGANISASI

 Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pendidikan di Pondok Modern Nurul Hidayah diselenggarakan oleh lembaga-lembaga yang kompeten, yaitu:

- Badan Pendiri merupakan lembaga yang personelnya terdiri dari masyarakat Kampung Tengah yang berperan aktif dalam membantu dan membela sehingga berdirinya Pondok Modern Nurul Hidayah.

- Yayasan Attarbiyah Al-Islamiyah Nurul Hidayah sebagai lembaga yang bertugas melaksanakan amanat dari badan pendiri.

- Pimpinan Pondok sebagai mandataris Yayasan yang bertugas melaksanakan program dan kebijakan yayasan serta membawahi dan mengkoordinir seluruh lembaga lainnya di Pondok Modern Nurul Hidayah.

- Pengasuhan santri yang berwewenang menangani kegiatan intrakurikuler dan sebagian kegiatan kokulikuler serta membina seluruh kegiatan santri.

- Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) yang menangani kegiatan intrakurikuler.

- Koperasi Kesejahteraan keluarga yang mengolah KOPONTREN dalam rangka mendukung proses pendidikan dan pengajaran serta meningkatkan kesejahteraan keluarga Pondok.

  

Komentar